Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024

Buku Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024 disusun oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan dengan dukungan UNICEF Indonesia. Sesuai mandat Peraturan Bersama empat Kementerian, yaitu Kemdikbudristek, Kemenkes, Kemenag dan Kemendagri Nomor 6/X/PB/2014, Nomor 73 Tahun 2014, Nomor 41 tahun 2014 dan Nomor 81 tahun 2014.


Gizi yang seimbang dan berkualitas menjadi pondasi utama bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik pada madrasah. Remaja saat ini adalah calon pemimpin masa depan (Syubbanul yaum, Rijalul ghad) yang akan memberikan teladan dan manfaat bagi umat.
Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024
Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024
Islam sangat konsen dalam menyiapkan remaja untuk menjadi pemimpin di masa depan yaitu pemimpin untuk dirinya sendiri, untuk keluarga, untuk masyarakat, hingga untuk bangsa dan dunia. Dengan mengintegrasikan aspek gizi dalam pendidikan, kita berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan mendukung potensi optimal peserta didik.

Buku ini dapat digunakan sebagai panduan komprehensif bagi Tim Pembina dan Tim Pelaksana UKS/M untuk melaksanakan kegiatan dan manajemen program gizi remaja di madrasah.

Langkah-langkah konkret dalam buku ini dapat membantu Kantor Kementerian Agama di daerah, kepala madrasah, guru, peserta didik dan warga madrasah lainnya untuk menyelenggarakan program gizi remaja sehingga dapat berkontribusi untuk mencapai strata madrasah yang paripurna.


Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan menyatakan bahwa kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas serta mewujudkan lingkungan madrasah yang sehat.

Kesehatan madrasah dilaksanakan melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.


Ketentuan ini telah dituangkan dalam Pedoman Program Gizi Remaja dalam Usaha Kesehatan Madrasah yang telah diinisiasi oleh Kementerian Agama, dimana pendidikan kesehatan dilaksanakan melalui pendidikan gizi, literasi gizi, dan pembinaan kader kesehatan madrasah, pelayanan kesehatan dilaksanakan melalui konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) dan skrining kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat dilaksanakan melalui pembinaan kantin dan pemanfaatan pekarangan madrasah.

Unduh Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024


Dalam Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024 yang di susun oleh Kemenag RI tersebut menjelaskan beberapa aspek kesehatan yang peru diperhatikan oleh Madrasah.
  • Gizi dan kesehatan remaja
  • Program gizi remaja dalam UKS/M
  • Manajemen program gizi remaja dalam UKS/M
  • Peran anggota madrasah dalam program gizi remaja di madrasah
  • Praktik Baik program gizi remaja di madrasah
Secara lengkap tentang buku Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024, silahkan unduh disini.

Demikian informasi terkait Pedoman Gizi Remaja Madrasah Tahun 2024, semoga dapat bermanfaat.