Struktur kurikulum merdeka MI (Madrasah Ibtidaiyah) sebagaimana dalam KMA 347 terbagi menjadi 2, yakni pembelajaran instrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan karakter profil pelajar pancasila.
Namun dalam penerapan di madrasah, pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek dapat dilaksanakan sebagai satu kesatuan, bahkan memungkinkan di selenggarakan lintas mata pelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Secara umum Struktur Kurikulum Merdeka MI di bagi menjadi 3 tahap/fase:
- Tahap A untuk kelas 1 dan kelas 2;
- Tahap B untuk kelas 3 dan kelas 4;
- Tahap C untuk kelas 5 dan kelas 6.
Satuan Pendidikan Madrasah dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek secara terpadu atau simultan.
Dalam kaitan ini madrasah dapat menggunakan atau memilih pendekatan mata pelajaran atau tematik secara bebas sesuai kebutuhan pembelajaran siswa yang di programkan.
Pembelajaran kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) dapat dilakukan secara kolaboratif beberapa mapel dalam mendukung satu tema yang di dalamnya dikelola melalui pembelajaran berbasis proyek, sehingga capaian intrakurikuler sekaligus penguatan karakter Pelajar Pancasila dapat di wujudkan.
Pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran pilihan yang dapat di selenggarakan berdasarkan kesiapan madrasah. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang belum siap memberikan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan dapat mengintegrasikan muatan Bahasa Inggris ke dalam mata pelajaran lain dan/atau ekstrakurikuler dengan melibatkan masyarakat.
Sedangkan penyelenggara pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai dengan kondisi peserta didik berdasarkan hasil assesmen.
Demikianlah informasi tentang Struktur Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA 347 tentang Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
Kami_Madrasah
Baca Juga: KMA 347 tentang Kurikulum Merdeka
Pembelajaran kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) dapat dilakukan secara kolaboratif beberapa mapel dalam mendukung satu tema yang di dalamnya dikelola melalui pembelajaran berbasis proyek, sehingga capaian intrakurikuler sekaligus penguatan karakter Pelajar Pancasila dapat di wujudkan.
Tabel Struktur Kurikulum Merdeka MI (Madrasah Ibtidaiyah)
No | Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Per Tahun | |||
---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | (3 - 5 ) | 6 | ||
1 | Pendidikan Agama Islam*; | ||||
a. Al Quran Hadis | 72 (2) | 72 (2) | 72 (2) | 64 (2) | |
b. Akidah Akhlak | 72 (2) | 72 (2) | 72 (2) | 64 (2) | |
c. Fikih | 72 (2) | 72 (2) | 72 (2) | 64 (2) | |
d. SKI | 72 (2) | 64 (2) | |||
2 | Bahasa Arab | 72 (2) | 72 (2) | 72 (2) | 64 (2) |
3 | Pendidikan Pancasila | 144 (4) | 144 (4) | 144 (4) | 128 (4) |
4 | Bahasa Indonesia | 216 (6) | 252 (7) | 216 (6) | 192 (6) |
5 | Matematika | 144 (4) | 180 (5) | 180 (5) | 160 (5) |
6 | Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | 180 (5) | 160 (5) | ||
7 | Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 108 (3) | 108 (3) | 108 (3) | 96 (3) |
8 | Seni dan Budaya**: 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari Prakarya (Budidaya, Pengolahan, Kerajinan, dan Rekayasa) |
108 (3) |
108 (3) |
108 (3) |
96 (3) |
9 | Bahasa Inggris | 72 (2) | 72 (2) | 72 (2) | 64 (2) |
10 | Muatan Lokal **** | 72 (2) *** | 72 (2) *** | 72 (2) *** | 64 (2) *** |
Total***** | 1152 (32) | 1224 (34) | 1440 (40) | 1280 (40) |
Keterangan:
- Jumlah Jam Tatap Muka (JTM/waktu) dalam tabel diatas disampaikan dalam satu tahun, madrasah dapat merencanakan sendiri menjadi tiap minggu, bulanan atau bahkan secara blok materi dengan memanfaatkan waktu yang diperlukan untuk mewujudkan capaian pembelajaran.
- Asumsi 1 Tahun = 36 pekan dan 1 JP = 35 menit untuk kelas 1 s.d 5
- Asumsi 1 Tahun = 32 pekan dan 1 JP = 35 menit untuk kelas 6
- Angka dalam kurung (2),(3),(5) merupakan alat perhitungan perpekan, bukan satuan waktu yang harus ditempuh dalam satu pekan.
- * Diikuti oleh seluruh siswa madrasah.
- ** Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya. Siswa memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya di madrasah..
- **** Madrasah dapat mengembangkan Mulok sesuai dengan kekhasan madrasah dan kebutuhan daerah.
- ***** Total Jam Pelajaran tidak termasuk mata pelajaran mulok atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh madrasah.
- Madrasah dapat melakukan penambahan atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu.
- Madrasah dapat menentukan model pembelajarannya sesuai kebutuhan belajar siswa, seperti misalnya pembelajaran konvensional, berbasis proyek untuk satu mapel atau kolaborasi beberapa mapel dengan berbasis tema, pembelajaran model blok untuk satu kompetensi dalam satuan waktu tertentu, atau inovasi lainnya.
Pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran pilihan yang dapat di selenggarakan berdasarkan kesiapan madrasah. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang belum siap memberikan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran pilihan dapat mengintegrasikan muatan Bahasa Inggris ke dalam mata pelajaran lain dan/atau ekstrakurikuler dengan melibatkan masyarakat.
Sedangkan penyelenggara pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai dengan kondisi peserta didik berdasarkan hasil assesmen.
Demikianlah informasi tentang Struktur Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA 347 tentang Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
Kami_Madrasah