Permasalahan dan Solusi UAMBN-BK Tahun 2019


Kami Madrasah - Sobat Proktor dan Teknisi UAMBNBK Madrasah dimanapun berada, kendala merupakan hal yang wajar dialami apabila berhubungan dengan sebuah Aplikasi. Aplikasi sebaik dan sebagus apapun pastilah memiliki kekurangan ataupun Bug. Oleh karenanya, Proktor dan Teknisi haruslah dapat menguasai permasalahan-permasalahan yang mungkin akan atau sedang dihadapi. 

Permasalahan yang terjadi menjadi hal yang sangat maklum, karena pada dasarnya setiap Aplikasi mempunyai batas kemampuan. Apabila batas kemampuan tersebut dilampaui maka error pun sangat mungkin terjadi.

Berikut kami akan mencoba menguraikan beberapa pertanyaan umum yang muncul dibenak para Proktor maupun Teknisi UAMBNBK Madrasah Tahun 2018-2019. Apa yang kami uraikan belum tentu menjadi solusi Jitu, namun patut dicoba sebagi bagian dari usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi.


1. Bagaimana agar bisa login di WEB PDUM?

Username dan Password didapatkan dari Admin PDUM Kanwil dan diteruskan melalui Kab/Kota masing-masing.

2. Bagaimana agar bisa login di laman UAMBNBK?

Username dan Password akan muncul melalui Muqaddimah Laman Web PDUM setelah kita mengisi data Madrasah dan Siswa.

3. Bagaimana untuk bisa login di APP VDI?

Username dan Password untuk login di APP VDI sama dengan login di Laman uambnbk.kemenag.go.id

4. Bagaimana jika data saya ada kesalahan di APP VDI?

Solusi: Edit data yang salah tersebut melalui laman PDUM di alamat sikurma.kemenag.go.id/pdum dan lakukan sinkron ulang.

5. Bagaimana Jika setelah sinkronisasi kemudian logout APP VDI dan saat login kembali data saya hilang?

Solusi: Lakukan Sinkronisasi dengan benar, jika terdapat Update Aplikasi VDI, maka langkah sinkronisasi yang pertama kali adalah Update App VDI (Nomor 8). Baru kemudian lakukan sinkronisasi nomor 1 2 3 4 5 6.

6. Proses sinkronisasi UAMBN-BK Berhenti di 30% (ditengah jalan)?

Solusi: Logut Aplikasi VDI dan clear Cache Browser dan Login kembali.

7. Tidak bisa sinkron ERROR FAILED CONNECTION?

Solusi: Clear Cache dan history di browser, Login kembali, dan coba lagi.

8. Tidak dapat terbubung ke VDI?

Solusi: 

  • Pastikan alamat IP yang di VDI adalah bersegmen 192.168.0.101
  • Matikan Firewall dan Anti Virus
  • Cek Setting Adapter di Virtual Machine; Adapter 1 Untuk Koneksi Internet, Adapter 2 NAT

9. Apakah sinkronisasi berulang-ulang dapat menghapus data saya?

Tidak, data sebelumnya tidak terhapus dan masih tetap ada di App UAMBNBK selama tidak ada perubahan data di PDUM

10. Kenapa sinkron masih ditutup/dinonaktifkan?

Kewenangan untuk membuka atau menutup akses sinkronisasi hanya dapat dilakukan oleh Admin PDUM Kanwil Provinsi, jika Admin PDUM Kanwil Provinsi telah membuka/mengaktifkan proses sinkron di wilayah madrasah Anda berada maka proses sinkron baru dapat dilakukan.

11. Bagaimana melakukan Cetak Kartu Peserta Siswa?

Cetak Kartu siswa dapat dilakukan melalui App VDI, dan direkomendasikan memakai Browser Google Chrome terbaru (Sebagaimana rekomendasi Tim Helpdesk UAMBNBK Pusat).

12. Kenapa Madrasah saya tidak mendapat akses ke Laman UAMBNBK?

Madrasah tidak mendapat akses ke laman UAMBNBK jika menggabung (Akreditasi/Non Akreditasi).

13. Apakah Wajib mengisi Email dan No Handphone (HP)?

Email dan nomor hp wajib diisi. Email untuk menjaga user jika lupa password, maka bisa direset dan dikirim ke email.

14. Untuk Madrasah Penggabung, bagaimana teknis Upload data Siswanya?

Data siswa madrasah penggabung akan di Upload melalui laman PDUM Madrasah yang di Gabungi, Madrasah Pelaksana akan menangani data siswa di madrasahnya sendiri dan siswa yang bergabung di madrasahnya. Dari pelaksanaan sampai hasil akhir.

15. Beberapa Catatan Penting UAMBNBK 2019
  • NISN harus diisi dan tidak boleh duplikat.
  • NPSN dan NSM harus ada dan tidak boleh duplikat.
  • Proses kelengkapan data PDUM akan ditutup pada waktu yg akan ditentukan.
  • Untuk kasus tertentu, siswa bisa mengikuti KP walaupun madrasahnya adalah BK.
  • Madrasah bergabung tidak bisa terpecah ke beberapa madrasah pelaksana, hanya boleh satu madrasah pelaksana.
  • Setiap siswa dalam satu madrasah harus mempunyai nomor urut yg berbeda.
16. Soal tidak Keluar saat SImulasi 1 UAMBNBK

Lakukan SINKRON ULANG SOAL menggunakan Internet Explore, kemudian Logout dan Login lagi menggunakan Chrome.

Demikianlah beberapa pertanyaan, masalah serta solusinya yang telah kami rangkum dari beberapa sumber. Bagi Sobat Proktor dan Teknisi UAMBNBK yang memiliki permasalahan dan solusi tambahan, silahkan tambahkan pada kolom komentar. Atau merevisi dan menambahi Solusi yang kami tawarkan silahkan juga menambahkan pada kolom komentar.

20 komentar

ada salah satu siswa untuk password tidak muncul, sedangkan user untuk siswanya muncul,, adakah solusinya?

Coba untuk Upload ulang data siswa di PDUM pak, dan isi data pada form excel sebagaimana juknis.

Dan jangan lupa, kolom sesi dan server WAJIB di isi. Kebanyakan permasalahan terjadi karena lupa mengisi SESI dan SERVER, Sehingga siswa hanya terdaftar sebagai peserta, namun tidak dimasukkan kedalam kelompok sesi dan server.

Sycron nmr 4 (data siswa) tidak komplit, shingga jumlah siswa kurang d uAmBN tp di PDUM cukup. Mohon solusinya

Sycron nmr 4 (data siswa) tidak komplit, shingga jumlah siswa kurang d uAmBN tp di PDUM cukup. Mohon solusinya

1. Hapus cache dan history browser dan lakukan sinkron ulan. Jika masig gagal.

2. Perbaiki data di PDUM (jika akses masih dibuka). Kemungkinan jmlh data siswa di web PDUM dan web UAMBNBK tdk cocok.

masih menok 30 % untuk singkron bagaimana ya Admin, padahal sdh dilakukan sesuai langkah no 6 ?

Ilpida Hartati: 1) Cek koneksi internet, 2) bersihkan cache browser, 3) sinkron dengan browser lain.

maaf pak saya mau cetak skhuambn
terus vdi yang kemarin yg terpasang saya remove
saya buat baru lagi
dan sudah selesai setting
mau login gak bisa username tidak ditemukan
solusinya bagaimana?

Solusi lupa sandi web pdum dan email proktorx sudah tidak aktif, mhon bantuannya

Aan Erwin: Hubungi Admin Kab/Kota setempat.

passwor login yang ada diberanda tidak bisa digunakan untuk login

Assalamualaikum
Kendala yg sering kami alamin itu slalu di pengiriman hasil pesertanya pak, slalu aja macet terkadang sudah sampai 95% trus macet dia tunggu beberapa kali ulang baru bisa terkirim.

Kalau seperti itu bagaimana solusinya pak ?
Jaringan wifinya tidak bermasalah, tapi setiap pengiriman selalu saja macet bahkan mengulang dari awal lagi.
Terimakasih
Wassallam

Gmina jika sandi uambnbk lupa?

Apakah tes tetap bisa di log out walaupun soal belum selesai di isi semua?

Sinkronisasi di wilayah Anda belum diaktifkan. Kontak Kanwil Provinsi untuk diaktifkan. mohon solusinya

Solehudin: Solusinya adalah "Menunggu" Sinkron dibuka oleh Kanwil masing-masing.

assalamualaikum wr wb.
Maaf sebelumnya,
saat itu aplikasi begitu susah digunakan, berkali kali eror, mungkin karena terlalu banyak yang akses atau yg lainnya. Baru saya mendapat kabar bahwa lembaga saya mendapat blangko ijazah 2 kali lipat dari data yang sya ajukan. Kalau masalahnya seperti ini, bagaimana solusinya?? kami mohon pencerahan nya min, matur suwun ,,
wassalamualaikum wr wb.

Solusinya ya dikembalikan, buat berita acara pengembalian.