Kami Madrasah - Sobat Proktor Madrasah pelaksana UAMBN-BK Tahun 2018, tahun ini merupakan edisi perdana pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dengan menggunakan media Komputer (Berbasis Komputer). Maka sangat wajar jika semua pihak, baik lembaga dan Pusat, terlebih lagi Proktor Madrasah, masih mengalami kendala dan kekurangan disana sini, hal tersebut merupakan bagian dari adaptasi. Namun terlepas dari kendala-kendala yang dihadapi, tentu, pelaksanaan UAMBN-BK Tahun 2018 merupakan satu langkah maju untuk mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat.
Oleh karenanya, mengeluh tentang kendala yang dihadapi tentu tidak akan menyelesaikan masalah, namun harus tetap berusaha mencari solusi untuk kelancaran pelaksanaan UAMBN-BK Tahun 2018. Semoga semua bagian Madrasah, dari segala tingkat jabatan hingga Siswa madrasah, diberikan kesehatan, kekuatan, dan kelancaran dalam melaksanakan UAMBN-BK Tahun 2018.
Solusi Client Tidak Bisa Connect Server UAMBNBK 2018
Bagi sobat Kami Madrasah yang mengalami permasalahan Client Tidak Bisa Connect Server UAMBN-BK 2018, maka perlu kiranya untuk mencoba langkah-langkah berikut:
1. Pengaturan URL pada SEB
Pengaturan URL pada SEB masukkan IP 192.168.0.xxx:2711 dimana xxx (warna merah) adalah IP lancard yang connect clien atau IP Server UAMBN-BK. Lihat gambar berikut:
2. Off kan firewall dan windows defender
Caranya adalah dengan cara masuk ke Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Turn Windows Firewall on or off. Lihat gambar berikut:
Caranya adalah dengan cara masuk ke Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Turn Windows Firewall on or off. Lihat gambar berikut:
Control Panel |
3. Nonaktifkan Anti Virus
Bagi sobat Proktor Madrasah yang PC/Komputer servernya terpasang aplikasi Anti Virus agar menonaktifkan (off) aplikasi Anti Virusnya terlebih dahulu selama pelaksanaan Simulasi dan Ujian Utama UAMBN-BK. Agar Aplikasi UAMBN-BK tidak di blokir karena dianggap sebuah Virus.
4. Hapus/Uninstall Aplikasi Yang Bekerja Pada PORT 80
Untuk menghapus Aplikasi Yang Bekerja Pada PORT 80 selain Aplikasi UAMBN-BK, Ikuti langkah-langkah berikut:
Klik Start pada windows > ketik “cmd" (tanpa tanda petik) > tuliskan "netstat -a -no"(tanpa tanda petik) tekan enter. Maka tampilannya akan seperti dalam gambar berikut:
Buka CMD |
Lihat pada kolom warna merah nomor satu (1), jika ada aplikasi lain selain aplikasi UAMBN-BK yang berjalan pada Port 80 (0.0.0.0:80) maka sobat harus uninstall aplikasi tersebut dengan mencari tau aplikasinya dengan cara mengingat/mencatat kode PID-nya (kolom warna merah nomor 2) kemudian cari tau aplikasi tersebut melalui "Task Manager". Lihat gambar berikut:
Task Manager |
Keterangan Gambar:
Buka Task Manager > Services, Kemudian lihat dan cocokkan kode PID yang telah dicatat tadi pada kolom yang berwarna merah untuk mengetahui aplikasi apa yang berjalan dengan kode PID tersebut. setelah ketemu, kemudian Uninstall.
Jika tidak terdapat aplikasi lain yang berjalan pada Port 80 maka abaikan solusi ini, karena permasahan Client Tidak Bisa Connect Server UAMBNBK 2018 bukan disebabkan karena Berebut port dengan aplikasi lain.
Demikianlah informasi dan tutorial tentang Solusi Client Tidak Bisa Connect Server UAMBNBK 2018. Semoga dapat membantu sobat Proktor Madrasah semua dan selamat mencoba.
2 komentar
maaf pak, untuk solusi yang keempat, bisa tolong di perjelas lagi cara menghapusnya. terima kasih
Artikel sudah kami perjelas dan update, silahkan dibaca kembali.
Terima Kasih, jika masih kurang paham silahkan bertanya melalui laman Contact Us.