Permasalahan dan Solusi Saat Sinkronisasi UNBK

Jadwal sinkronisasi untuk simulasi 1 telah dirilis oleh Puspendik. Untuk SMP/MTs pada tanggal 11 November 2017, SMA/MA 10-11 November 2017 dan 3-4 November 2017.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Permasalahan dan Solusi Saat Sinkronisasi UNBK 2018

Sobat Kami Madrasah, berikut adalah daftar permasalahan yang sering muncul saat sinkronisasi server serta solusinya:

1. SINKRONISASI AWAL (CBTSync)


Status STANDBY-ID Server tidak sesuai dengan server yang terdaftar


Solusi: ID server pernah digunakan oleh komputer lainnya, silahkan request reset SN di web unbk.kemdikbud.go.id

Status STANDBY-Akses ke server pusat masih ditutup


Solusi: Siap untuk melakukan sinkronisasi, waktu pembukaan akan diinfokan melalui web unbk.kemdikbud.go.id atau melakukan submit dengan interval waktu tertentu hingga AKTIF

Status OFFLINE-Tidak ada koneksi internet


Solusi: Silahkan cek konfigurasi Network pada Vitual Box, pastikan NIC 1 adalah bridge dan NIC 2 adalah NAT

Status OFFLINE-ID Server tidak sama dengan pusat


Solusi: cek penulisan ID Server

Gagal Sinkronisasi


Solusi: Restart CBTSync, klik tab Status dan klik tombol submit hingga muncul status AKTIF, kemudian klik tab status download dan klik tombol refresh status serta klik tombol sinkronisasi

Muncul notifikasi lisensi tidak valid pada CBTSync


Solusi: Pastikan waktu di VM sama dengan waktu seharusnya, basis waktu yang digunakan adalah WIB

Mengapa token tidak mau muncul, padahal CBT SYNC sudah posisi Aktif


Solusi: Silahkan restart kembali CBT SYNC setelah itu masukkan kembali ID server dan tekan Submit. Lalu masuk ke tab status tes, dan tekan Rilis Token

Token tetap tidak mau muncul, CBTSync sudah Aktif dan sudah restart CBTSync?


Solusi: Token tidak setiap saat dibuka aksesnya oleh server pusat, hanya waktu tertentu saja

Bagaimana cara Restart CBTSync ?


Solusi: Tekan tombol alt + f4

Serial Number tidak muncul ketika membuka CBTSync


Solusi: Matikan proxy atau apabila menggunakan mikrotik matikan, jadikan mikrotik sebagai router biasa

Status OFFLINE, tidak terdapat koneksi internet


Solusi: Setelah di cek jaringan dengan mengakses via browser bisa membuka web online, proxi dan mikrotik tidak ada maka Ganti VHD dengan VHD yang fresh

File lisensi error


Solusi: Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.

File lisensi error


Solusi: Pastikan sebelum menginstal VM, waktu di host server telah sesuai kenyataannya dan pastikan juga Zona telah sesuai.


2. SIMULASI 2 DAN SETERUSNYA CBTSync


Serial Number tidak Muncul?


Solusi: Silahkan cek kembali:
  1. konfigurasi jaringan, khususnya jaringan Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang menggunakan IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
  2. Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
  3. Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)

Lisensi tidak Valid


Solusi: 
  1. Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
  2. Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web UNBK
  3. Pastikan fitur sharing sudah aktif

Demikian informasi tentang Permasalahan dan Solusi Saat Sinkronisasi UNBK 2018, semoga bermanfaat.
Kami_Madrasah

3 komentar

sinkron dilaksankan lupa backup dan hapus

Kalo saat buka cbtsync ada peringatan database belum siap,,, bagaimana solusinya,,,

Logout dan mulai ulang pak.